Kerupuk Kulit

Jalan-jalan ke Kota Garut sangatlah menyenangkan. Udara sejuk menyambut dengan penuh kesegaran. Setelah lelah keliling Kota Garut..perut terasa lapar. Teringat Rumah Makan Cibiuk yang sangat terkenal dengan sambalnya, yakni sambal Cibiuk.Singkat cerita perut sudah kenyang dan waktunya pulang kembali ke kota di mana aku bekerja. Tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh khas kota Garut. Selain membeli dodol garut yang sudah sangat populer, tidak lupa membeli makanan kesukaan kami sekeluarga yang tidak pernah kami lewatkan pada waktu kami masih di Garut, yakni kerupuk kulit.

Wah ..rasanya sangat gurih dan lezat. Selain itu, Anda juga bisa berbelanja oleh-oleh  khas Kota yang Garut yang sangat lezat dan bergizi. Anda dapat dengan mudah mendapatkan makanan khas tersebut di sepanjang toko yang menjual oleh-oleh. Produksi kerupuk kulit berkembang seiring dengan banyaknya penyamakan kulit di Kabupaten Garut. Pada mulanya, kerupuk kulit dibuat dari penyamakan kulit yang akan digunakan untuk kerajinan, daripada terbuang sia-sia. Kemudian, oleh masyarakat diolah dan dimanfaatkan untuk membuat kerupuk kulit dan dorokdok. Ide bagus.

Namun kemudian proses produksi selanjutnya bahan kerupuk kulit dan dorokdok ini tidak hanya mengandalkan dari kulit yang tidak terpakai atau sisa penyamakan, tetapi sengaja memanfaatkan bahan kulit yang khusus untuk dibuat kerupuk kulit dan dorokdok. Hal ini disebabkan semakin tingginya minat masyarakat di kabupaten Garut maupun dari luar kota Garut. Waktunya mudik ke Bandung Jawa Barat.  Melanjutkan Wisata ke kota-kota di Jawa Barat, mulai Bandung, Garut, Tasikmalaya, dan lain sebagainya.

Related Posts:

0 Response to "Kerupuk Kulit"